Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Yang Bisa Kamu Coba

Bagi seseorang yang baru bekerja dan baru mendapatka gaji, terkadang sulit untuk mengatur keuangan. Sebab banyak godaan untuk membeli segala sesuatu yang diingnkan. Supaya gaji anda tetap terkontrol dan tidak terbuang sia-sia, ada beberapa tips untuk mengatur keuangan anda, simak baik-baik!

Uang

1. Kebutuhan

Apabila anda sudah mendapatkan gaji, maka langsung rinci lah kebutuhan-kebutuhan pokok anda, seperti membayar listrik, memberi kebutuhan sehari-hari, perumahan, transportasi, dan kebutuhan pokok lainnya. 

2. Tabungan

Sisihkan gaji anda untuk menabung kira-kira 10-20 %. Menyisihkan gaji untuk tabungan sangat lah penting sebab, tabungan untuk bekal di masa depan. Kehidupan orang siapa yang tahu, apabila ada keperluan mendadak atau sangat dibutuhkan seperti biaya kesehatan, anda dapat menggunakan uang tabungan.

3. Keingininan

Setiap orang pasti memiliki keinginan, begitu pun dengan anda. Ketika anda ingin membeli sesuatu yang diinginkan, lihat terlebih dahulu harga barang tersebut, kemudian sesuaikan dengan pendapatan. Apabila masih ada sisa dari perhitungan kebutuhan dan tabungan. Anda boleh membeli barang tersebut. Namun apabila uang anda tidak mencukupi, maka jangan dipaksakan, bersabarlah sebentar. Anda bisa menabung khusus untuk membeli barang yang anda inginkan, setelah terkumpul baru anda membeli barang tersebut.

4. Catat pengeluaran

Mencatat pengeluaran sangat lah penting. Sebab dengan mencatat pengeluaran kita mengetahui barang-barang apa saja yang kita beli kemudian berapa pengeluaran pada bulan sekarang. Dengan mencatat biaya pengeluaran, anda bisa melakukan introfeksi mengenai barang-barang apa saja yang sekiranya tidak diperlukan untuk dibeli. 

5. Kartu kredit

Apabila anda memiliki kartu kredit, maka anda harus lebih selektif lagi ketika anda akan membeli sesuatu. Kartu kredit memang memudahkan seseorang untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Namun ketika seseorang tidak dapat mengontrol pengeluarannya, maka kartu kredit tersebut akan menjebak. Bisa-bisa ketika anda terlalu asyik menggunakan kartu kredit, anda tidak dapat membayar semua tagihan tersebut atau bisa saja gaji anda terbuang sia-sia hanya untuk membayar semua tagihan tersebut.

Itu lah beberap hal yang harus diperhatikan ketika mengelola keungan pribadi. Semoga bermanfaat dan keuangan anda pun tetap dapat terkontrol.


Posting Komentar untuk "5 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Yang Bisa Kamu Coba"