Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Memilih Makanan Enak Serta Sehat Bagi Ibu Hamil

Bagi seorang wanita yang sudah menikah, mengandung merupakan suatu anugerah terindah yang tak dapat digantikan oleh apapun. Dengan begitu, segala sesuatunya pasti dijaga dan diperhatikan, terutama dalam hal makanan. 

Memilih Makanan Enak Serta Sehat Bagi Ibu Hamil

Bagi seseorang yang sedang hamil, makanan merupakan faktor penting yang tak boleh disepelekan. Sebab asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh pula pada kesehatan janin yang dikandung. Berikut ada beberapa tips memilih makanan yang sehat bagi ibu hamil.

Makanan yang mengandung protein

Bagi ibu hamil, disarankan banyak mengononsumsi makanan-makanan yang mengandung protein. Sebab protein sangat diperlukan oleh janin supaya janin yang di dalam kandungan menjadi lebih sehat. Makan yang mengandung protein, terdapat dua jenis yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein yang berasal dari hewan, seperti telur, daging dan ikan. 

Sedangkan protein yang berasal dari tumbuhan, yaitu kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai dan kacanga merah. Beberapa makan berprotein tersebut, dapat diolah sedemikian rupa supaya tidak bosan. Carilah beberapa resep makanan dengan menu dasar makanan yang mengandung protein.

Makanan yang mengandung asam folat

Hati sapi, bayam  brokoli, pisang dan kuning telur selain mengandung vitamin, protein dan zat besi, beberapa makan tersebut pun mengandung asam folat yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil. 

Asam folat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah anemia, produksi hemoglobin dan membantu pembentukan materi inti sel DNA dan RNA.  

Makanan yang mengandung kalsium dan zat besi

Kalsium dan zat besi merupakan suatu yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk petumbuhannya di dalam kandungan. 

Zat besi sangat bermanfaat bagi plasenta, sebab bayi mendapat asupan gizi yang dikonsumsi oleh sang ibu dari plasenta. Kalsium dan zat besi dapat diperoleh dari daging, susu, hati dan sayuran. 

Makanan yang mengandung beberapa vitamin

Siapapun pasti mengetahui bahwa buh-buahan banyak mengandung vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Apalagi bagi ibu hamil, segala yang dikonsumsinya tidak hanya untuk dirinya saja  namun juga untuk janin yang dikandungnya. 

Dengan begitu  bagi ibu hamil diusahakan sering mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan dapat  diolah menjadi beraneka ragam seperti dapat dijadikan jus, sup buah, dicampur dengan es cream, atau hanya dipotong-tong saja kemudian dijadikan pengganti camilan.

Menghindari minuman yang berkafein serta bersoda

Ketika hamil, hindarilah minuman yang mengandung kafein dan soda.  Kafein sangat berbahaya bagi kesehatan janin. 

Terdapat banyak hasil riset dan penelitian menjelaskan bahwa meminum-minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, sangat besar kemunngkinan bayi lahir dengan badan berukuran kecil karena jumlah berat badan di bawah normal. 

Selain minuman yang mengandung kafein, minuman yang mengandung soda pun alangkah baiknya dihindari oleh ibu hamil. 

Sebab satu kaleng minuman bersoda bisa mengandung dua belas sendok teh gula, selain itu minuman bersoda mengandung asam fosfat, karbonat, bahan pengawet dan kafein yang kurang baik bagi kesehatan bayi. 

Dampak yang diakibatkan terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda bagi ibu hamil yaitu menyebabkan obesitas, hipertensi, dan melemahkan sistem imunitas tubuh ibu hamil.

Sehingga minuman yang paling baik bagi kesehatan ibu hamil yaitu air mineral. Air minerl sangatlah sehat. 

Ketika seseorang dalam keadaan tidak hamil pun sangat disarankan untuk minum delapan gelas perhari, apa lagi ini saat hamil minum air mineral sangat lah dibutuhkan supaya janin yang terdapat dalam kandungan tidak mengalami dehidrasi. 

Menghindari Makanan yang Terlalu Banyak Mengandung Lemak

Kebanyakan ibu hamil beranggapan harus banyak makan supaya janinnya tersebut sehat. Namun, walaupun memang harus banyak makan tetapi harus tetap memperhatikan kadungan dari makanan yang dikonsumsi. 

Makan yang dikonsumsi harus lah sehat dan baik, sehingga harus mengurangi makanan yang kurang bermanfaat seperti banyak mengandung  lemak. Sebab sebenarnya lemak yang dibutuhkan oleh ibu hamil tidak lebih dari 30% dari total asupan harian.  

Beberapa makan yang biasanya banyak mengandung lemak  namun memang enak, yaitu seperti bakso, mie ayam, gorengan, makanan-makanan ringan dan makanan-makanan cepat saji lainnya. 

Sehingga alangkan baiknya ibu hamil dapat mengontrol asupan lemak yang dikonsumsi, supaya baik pula pada kandungannya.

Mengonsumsi Suplemen dan Susu untuk Ibu Hamil

Susu dan suplemen memang sangat banyak mengandung vitamin, mineral, dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan oleh janin. Namun bagi ibu hamil jangan sembarang mengonsumsi suplemen dan susu untuk ibu hamil tanpa pengawasan dari dokter. 

Ibu hamil  sangat rentan oleh beberapa ganguan dari luar, seperti beberapa makanan yang dikonsumsi. Sehingga sebelum mengonsumsi suplemen dan susu untuk ibu hamil, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau bidan.

Makanan-makanan yang telah dijelaskan tadi memang sangat penting bagi ibu hamil dan bagi bayinya juga. Namun yang perlu diingat, segala sesuatu yang berlebihan merupakan suatu yang kurang baik. Sehingga jangan sampai ibu hamil hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja. 

Namun variasikan lah berbagai makanan tersebut menjadi menu harian anda. Keuntungan yang dapat diambil dari memvariasikan berbagai macam makanan tersebut diantaranya, kebutuhan tubuh  tercukupi dan juga anda tidak akan merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. 

Selain dari makanan, faktor yang tak kalah penting dilakukan oleh ibu hamil yaitu secara rutin memeriksakan kandungannya ke dokter kandungan supaya ibu hamil lebih mengetahui kesehatan dan kebutuhan apa saja yang dibutuh kanan oleh sang bayi atau janinnya.


Posting Komentar untuk "6 Tips Memilih Makanan Enak Serta Sehat Bagi Ibu Hamil"