Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Solusi Mengatasi Perubahan Suasana Hati Wanita

Wanita terkadang memang sangat mudah berubah suasana hati. Perubahan suasana hati tersebut dapat berdampak pada orang-orang di sekitarnya, misalnya mudah tersinggung atau mudah marah ketika mengobrol atau hanya sekedar bercanda. 

Perubahan Sikap Wanita
Nah bagi kamu yang sering berubah-ubah suasana hatinya, ada beberapa penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Simak baik-baik!

Penyebab

Emosional

Emosi seseorang terkadang berbeda-beda, ada yang dapat mengendalikan emosinya dan terkadang ada yang sulit untuk mengendalikan emosi. 

Salah satu yang menyebabkan emosi wanita tiba-tiba berubah dapat disebabkan oleh keinginan yang tidak dapat terpenuhi atau pemikiran yang berbeda dengan yang ia pikirkan, namun ia tidak bisa mengungkapkan rasa tersebut.

Karena emosi yang tak dapat diungkapkannya tersebut, sehingga seseorang melampiaskannya dengan sikap yang cemberut, diam, atau marah.

Hormon Pubertas

Penyebab wanita sering berubah suasana hati, dapat disebabkan juga oleh hormon pubertas. Hal tersebut biasa dirasakan oleh setiap remaja, sebab remaja mengalami perubahan atau masa transisi dari anak-anak ke masa remaja yang segala sesuatunya mulai berubah mulai dari fisik hingga pola pikir.

Pramenstruasi (PMS)

Wanita yang sedang mengalami siklus pramenstruasi (PMS) biasanya lebih mudah tersinggung atau lebih mudah sedih. Hal tersebut terjadi karena permasalahan hormon yang mengakibatkan wanita mudah berubah suasana hati.

Pemasalahan eksternal

Pemasalahan eksternal atau permasalah yang ada diluar diri seseorang seperti permasalahan kerjaan, tugas yan terlalu menumpuk, atau tuntutan kerja lainnya dapat mengkibatkan wanita mudah untuk berubah suasana hati. Hal tersebut dapat mengakibatkan setres dan suasana hati pun akan berubah.

Solusi

Meberi waktu untuk sendiri

Ketika kamu dalam keadaan emosi, maka berilah ia waktu untuk menyendiri. Dengan menyendiri, kamu dapat mengontrol emosi dan kamu pun dapat berpikir jernih. Apabila emosinya sudah normal seperti biasa, maka kamu pun pasti dapat bersikap seperti biasanya.

Olahraga

Olahraga seperti senam, lari  pagi, atau yoga dapat mengembalikan suasana hati seseorang. Nah, apabila kamu atau pasangan kamu sedang bermasalah dengan suasana hati maka lakukan lah olahraga, dengan berolahraga tubuh menjadi lebih sehat, pikiran menjadi lebih tenang,  suasana hati pun akan lebih senang.

Liburan 

Apabila rutinitas sehari-hari yang sangat padat dan menguras tenaga serta pikiran sehingga menimbulkan suasana hati yang tidak karuan, maka sesekali jadwalkan waktu anda untuk liburan.

Dengan berlibur ke tempat-tempat yang asri seperti pegunungan, pesawahan, atau pantai maka akan menyegarkan pikiran kita dari berbagai permasalahan dan suasana hati anda pun akan lebih senang dan tenang.

Berpikir positif

Ketika kamu sedang menghadapi berbagai masalah yang dapat mempengaruhi terhadap suasana hati kamu, maka berpikir lah positif. Dengan berpikir positif suasana hati pun akan sedikit terkontrol. 

Selain itu dengan perpikir positif, kamu pun dapat berpikir dengan jernih mengenai cara menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi perubahan suasana pada wanita. Semoga artikel ini bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Solusi Mengatasi Perubahan Suasana Hati Wanita"